Posts

Showing posts from January, 2017

Putri Mandi

Image
Kelapa parut di kulkas pas dicicipin ternyata udah asem, jadi saya bikin isinya gula aren doang, kayak klepon 📞

Resep dari @idha_syamsidar saya bikin setengah resep, jadi ~ 27 butir. Aslinya diwadahi takir daun pisang, saya pakai mini ramekin aja.

Bahan isi:
100 g kelapa parut
1 sdm gula pasir
50 g gula aren
1-2 lbr daun pandan disimpul
50 ml air
1/4 sdt garam

Bahan saus:
200 ml santan sedang
1/4 sdt garam
1/2 sdm tepung beras larutkan dengan sedikit air/santan

Bahan kulit:
125 g tepung ketan
1/4 sdt garam
115 ml air hangat
Pewarna makanan sesuai selera
1-2 lbr daun pandan, potong-potong

Cara membuat:
Isi: masak semua bahan isi hingga kering dan menyerap, dinginkan. Bentuk bulat-bulat, sisihkan.
Saus: masak santan dan garam hingga mendidih, masukkan larutan tepung beras, aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup. Sendokkan ke ramekin/takir masing-masing 1-2 sdm.
Kulit: aduk tepung ketan dan garam, masukkan air hangat sedikit-sedikit hingga bisa dibulatkan. Bagi 3, warnai masing-masing bagian. Bagi lagi…

Homemade Hokkaido Baked Cheese Tart

Image
Homemade Hokkaido Baked Cheese Tart

Resep dari @dreamersloft17

Bahan tart pastry:
120 g terigu
25 g gula kastor
60 g salted butter dingin
1 kuning telur
1/2 - 1 sdt air/susu

Bahan Cheese Custard:
150 g cream cheese
60 g mascarpone cheese
40 g salted butter
100 g susu cair
30 g gula kastor
8-10 g maizena
1 btr telur
1 sdm perasan lemon
1/4 sdt sea salt
1 kuning telur + sedikit susu untuk olesan.

Cara membuat:
Pastry: campur terigu dan gula, masukkan mentega, aduk2 dengan ujung jari hingga berbutir. Masukkan telur dan air/susu, aduk rata, bulatkan. Bungkus plastic wrap, istirahatkan di kulkas.
Custard: tempatkan cream cheese, mascarpone, butter, susu, dan gula di panci stainless steel yang diletakkan di atas panci lain berisi air (ditim). Panaskan sambil diaduk hingga meleleh dan larut. Ayakkan maizena, aduk rata. Masukkan telur, lemon, dan garam, aduk hingga mengental. Angkat, biarkan dingin.
Gilas tipis adonan pastry, cetak lingkaran, padatkan di loyang tartlet, tusuk2 dengan garpu. Panggang suhu 160-170 C…

Steamed Banana Cake

Image
Steamed Banana Cake
Resep dimodifikasi dari everybodyeatswell.blogspot.com

Bahan:
170 g mentega/minyak atau campuran keduanya
100 g gula aren, parut/sisir
4 btr telur
300 g pisang lumat
255 g terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Lelehkan mentega/minyak dan gula sambil diaduk hingga menjadi larutan kental. Biarkan mendingin.
Di wadah lain kocok lepas telur. Masukkan larutan gula-mentega/minyak, kocok rata dengan balloon whisk. Masukkan pisang lumat, kocok rata.
Masukkan campuran terigu, baking powder, baking soda, dan garam secara bertahap, aduk rata. Tuang ke loyang lingkaran 20 cm.
Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet agar uap air tidak menetes ke kue. Kukus adonan dengan api besar hingga matang (tes tusuk).

Fruit Pie

Image
Bahan kulit:
250 g terigu
25 g gula bubuk
150 g butter/margarin
1-2 kuning telur
Air dingin secukupnya

Bahan vla:
20 g maizena
250 ml susu cair
2 kuning telur
50 g gula pasir
1 sdm mentega

Bahan topping:
Buah-buahan sesuai selera
1/2 sdt agar bening + 1/2 sdt gula pasir + 50 ml air, didihkan.

Cara membuat:
Kulit: aduk terigu, gula, mentega, dan kuning telur dengan garpu hingga berbutir. Masukkan air dingin sesendok demi sesendok hingga adonan bisa dibulatkan. Tipiskan hingga menutupi alas dan pinggir loyang pie 22 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang suhu 160 C hingga matang kecokelatan. Dinginkan.

Vla:
Larutkan maizena dengan sedikit susu cair, tambahkan kuning telur, aduk rata. Didihkan sisa susu dengan gula, masukkan larutan maizena, aduk cepat hingga mengental dan mendidih, dinginkan.

Oleskan vla di kulit pie, tata buah-buahan. Olesi buah dengan larutan agar, sajikan dingin.

Cheese Pie

Image
Cheese Pie
Bahan kulit:
250 g terigu
25 g gula bubuk
150 g butter/margarin
1-2 kuning telur
Air dingin secukupnya

Bahan isi:
250 g cream cheese
100 g susu kental manis (180 g kalau suka manis)
1 telur besar + 1 kuning telur
Opsional: selai bluberi dan keju parut

Cara membuat:
Kulit: aduk terigu, gula, mentega, dan kuning telur dengan garpu hingga berbutir. Masukkan air dingin sesendok demi sesendok hingga adonan bisa dibulatkan. Tipiskan hingga menutupi alas dan pinggir loyang pie. Tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang suhu 160 C hingga matang namun masih pucat.

Isi: kocok cream cheese dan susu kental manis hingga lembut. Masukkan telur, kocok rata. Untuk rasa bluberi, sendokkan selai di dasar pie, lalu tuang adonan isi. Untuk rasa keju, campur adonan dengan keju parut, langsung tuang ke kulit pie. Panggang lagi hingga set.

Basic Butter Cookies

Image
Basic Butter Cookies

Bahan:
150 g butter/margarin atau campuran keduanya
75 g gula halus, ayak
1 kuning telur
175-200 g terigu*
15 g maizena
10 g susu bubuk
Kayumanis bubuk atau vanilla bean (opsional)

Cara membuat:
Aduk mentega dan gula hingga lembut. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan terigu, maizena, dan susu bubuk secara bertahap serta kayumanis/vanilla bila pakai, aduk rata saja. Sendokkan ke loyang atau cetak sesuai selera*. Panggang suhu 150 C hingga matang kecokelatan 20-30 menit.

*Terigu yang dipakai cukup 175 g bila adonan disendokkan. Bila mau ditipiskan dan dicetak gunakan 200 g agar lebih kokoh.

Brownies with Shiny Crust (Better Version)

Image
Two words: Shiny Crust! ✨✨
My Favorite Brownies (so far)

175 g cokelat blok, potong-potong
110 g mentega/margarin
2 btr telur
200 g gula kastor
120 g terigu
20 g cokelat bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
40-50 g chocochips untuk taburan (opsional)

Lelehkan cokelat dan mentega, biarkan menghangat. Di wadah lain kocok telur dan gula dengan balloon whisk hingga gula larut. Masukkan lelehan cokelat, kocok rata. Masukkan terigu, cokelat bubuk, garam, dan baking powder, aduk asal rata saja. Tuang ke loyang 10*30 cm yang telah dioles margarin dan dilapis kertas roti. Taburi topping sesuai selera. Panggang suhu 180 C hingga matang, kurang lebih 30-35 menit (di tengah2 waktu memanggang turunkan suhu menjadi 160 C).

Easy No-Bake Chocotart

Image
Lagi kumpul sama temen-temen, pengen bikin-bikin sesuatu tapi nggak ada oven? Cobain bikin ini. Bahan-bahannya (biskuit, margarin, susu cair, cokelat batang) mudah didapat di minimarket. Saya bikinnya tanpa timbangan pula, dikira-kira aja tetep jadi kok 😋

Easy No-Bake Chocotart 🍫
Hasil 6 buah

150 g biskuit (saya pakai R*ma gandum) dihancurkan, campur dengan 4 sdm margarin leleh. Boleh ditambah 1 sdm susu cair supaya agak lembut, boleh nggak. Tekan-tekan hingga menutupi dasar dan pinggir loyang muffin, atau mug/mangkuk kecil. Bekukan di freezer.
Panaskan 90 ml susu cair dan 3 sdm margarin. Masukkan 180 g cokelat batangan yang dipotek-potek kecil (saya pakai 3 batang S*lverQ*een mete), aduk-aduk sampai meleleh dan rata.
Keluarkan biskuit tadi dari freezer. Saya lagi punya selai cappuccino, saya taruh 1 sdt di atas masing-masing cup biskuit, lalu tuang cokelat leleh. Bekukan di freezer minimal setengah jam, siap dinikmati!

No-knead Bread

Image
Satu resep no-knead bread bisa jadi dua macam roti: buat yang suka manis dan yang suka anyep. Everybody's happy 💆

Bahan:
120 ml air hangat
1 sdt ragi instan
2 sdm minyak sayur
2 sdm madu/gula
1 btr telur
250 g terigu protein tinggi plus ekstra
1/2 sdt garam
Opsional: bahan olesan, aduk rata:
100 g mentega/margarin
100 g gula palem
1/4 sdt garam
1 sdt kayumanis bubuk
Cara membuat:
Tempatkan air hangat di mangkuk. Taburkan ragi ke permukaan air, biarkan sebentar. Masukkan minyak dan madu/gula, aduk hingga larut. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan terigu dan garam, aduk hingga butiran terigu tidak terlihat lagi. Adonan akan terlihat lembap dan berantakan. Tutup serbet, biarkan di tempat hangat selama 2 jam.
Taburkan terigu di permukaan adonan, kempiskan. Balik2 adonan beberapa kali hingga mulus. Tambahkan terigu bila masih sangat lengket. Jika ingin membuat roti tawar, langsung tempatkan adonan di loyang beroles margarin/minyak. Biarkan mengembang 30 menit, panggang suhu 180 C hingga kecokelatan.
J…

Carrot Cake with Cream Cheese Frosting

Image
Carrot Cake with Cream Cheese Frosting
Diadaptasi dari @sallysbakeblog

Bahan:
100 g gula palem
200 g gula pasir
240 ml minyak sayur
4 btr telur
315 g terigu
1 1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
2 sdt bumbu spekuk
300 g wortel parut halus
1 btr nanas batu parut halus

Frosting:
250 g cream cheese
80 g mentega/margarin
1 cup gula icing
1 sdm air jeruk nipis atau lemon

Cara membuat:
Kocok gula palem, gula pasir, minyak, dan telur dengan balloon whisk hingga gula larut. Sisihkan.
Di wadah lain aduk terigu, baking powder, baking soda, garam, dan bumbu spekuk hingga rata. Tuang adonan telur ke campuran tepung, aduk rata. Masukkan parutan wortel dan nanas, aduk rata. Tuang ke loyang* beroles margarin dan bertabur terigu, panggang suhu 170 C hingga matang kecokelatan (tes tusuk). Dinginkan.
Kocok cream cheese dan mentega/margarin hingga ringan dan lembut. Masukkan gula icing dan air perasan jeruk, kocok hingga rata. Gunakan untuk menghias kue.

*Gunakan loyang lingkaran 22 cm (hasil kue lebih tin…

Rustic No-Knead Bread

Image
Rustic No-Knead Bread

Bahan:
105 ml air hangat
1 sdt ragi
3 sdm madu
1 sdm minyak sayur
1 butir telur
210 g terigu protein tinggi
1/4 sdt garam
Ekstra terigu secukupnya

Cara membuat:
Siapkan wadah ukuran sedang. Tuang air hangat, taburi ragi di atasnya. Diamkan sejenak.
Masukkan madu, minyak, dan telur, aduk rata. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan garam, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tutup kain, diamkan di tempat hangat selama 2 jam atau masukkan kulkas semalaman (adonan dari kulkas harus dibiarkan dulu hingga mencapai suhu ruang sebelum diolah).
Taburi terigu ke permukaan adonan, balikkan beberapa kali hingga rata dan tidak terlalu lengket di tangan. Letakkan di loyang beroles minyak/mentega. Diamkan setengah jam.
Panaskan oven 180-200 C. Panggang adonan hingga matang dan kecokelatan.